Kamis, 04 November 2010

Filsafat atau Lelucon

filsafat merupakan pokok dari semua ilmu pengetahuan, tanpa adanya filsafat ini tidak akan muncul ilmu pengetahuan, itulah yang sering kita dengar sekarang ini. apakah hal itu memang benar?
bagi sebagian besar siswa atau bahkan mahasiswa, filsafat merupakan pelajaran yang sangat membingungkan, hanya membahas pendapat-pendapat orang yang kebenarannya tidak dapat dibuktikan dengan logika/ jelas. Hal ini akan mengakibatkan tertutupnya atau terbelenggunya pemikiran para pencari ilmu yang mempelajari hal tersebut. Para siswa hanya memikirkan pendapat orang lain (filosof) tanpa memberikan tanggapan terhadap suatu hal, mereka hanya membenarkan semua yang mereka dapat dari para filosof.
Apakah filsafat itu diperlukan? padahal kita sudah mempunyai pedoman berpikir yang sangat sesuai dan dijamin akan kebenarannya. yaitu al-quran dan Hadits serta hukum2 lain yang menguatkan hal tersebut seperti ijma', qiyas dan lain-lain. dalam dunia pendidikan filsafat hanyalah suatu materi yang dipaksakan terhadap para murid. para guru atau dosen hanya mengajarkan filsafat tanpa mengetahui penalaran murid. sehingga filsafat hanyalah pengetahuan yang sekedar lewat dipikiran mereka... jadi apakah filsafat itu perlu atau merusak pikiran siswa? silahkan jawab..!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar